Jumat, 22 Januari 2010

Al-Khawarizmi

Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi lahir di Khawarizm (Kheva), selatan sungai Oxus (sekarang Uzbekistan) tahun 770 M. Al-Khawarizmi dikenal sebagai penemu ilmu algoritma, aljabar, astronomi dan geografi. Ilmu aljabar yang dikembangkannya diambil dari judul bukunya yaitu Al-Jabr wa al-Muqabilah. Dimana Al-Khawarizmi mengembangkan tabel trigonometri, sinus, kosinus, tangen dan kotangen.

Selain matematika, Khawarizmi dikenal sebagai seorang astronom. Pada masa Bani Abbasiyah, dengan khalifah Al-Makmun, Khawarizmi beserta tim yang dipimpinnya berhasil menentukan ukuran dan bentuk ukuran bumi. Karena keahlian yang dimilikinya, Khawarizmi juga disebut sebagai ahli ilmu bumi. Khawarizmi juga dikenal sebagai ahli musik. Khawarizmi pernah menuliskan teori musik dalam salah satu buku matematikanya. Oleh Adelard yang berasal dari Bath, buku itu diterjemahkan dengan judul Liber Ysagogarum Alchorism yang menyebar hingga Eropa yang menyebabkan banyaknya para ahli di Eropa mengagumi dan menggunakan ilmu-ilmu Khawarizmi.

Khawarizmi beserta 70 orang anggota timnya berhasil membuat peta pertama didunia pada tahun 830 M. khawarizmi meninggal dunia pada tahun 840 M.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar