Minggu, 21 Februari 2010

cerita perjalanan hidup (dari lahir sampe SD)

Pengen nulis tentang perjalanan hidup Adiez nih. Agak berkesan curhat sih. Tapi gapapa ya? Lagi kepengen nulis tentang perjalanan diriku yang biasa2 ini.

Lahir di Pekanbaru, baru beberapa bulan idup dan tinggal di Kalianta (sekarang udah agak nampak kotanya. Dulu masih hutan abiz boo….), Diez diajakin pindah ke Kalimantan sama Ortu. Kebetulan emang pekerjaan Papa buat kami sekeluarga sering pindah2. Diez tinggal agak lama di Kalimantan Timur. Tepatnya di Muara Wahau. Kalau liat foto2 disana, juga masih kayak hutan gitu. Diez sempat dimasukin TK kecil disana. Kebetulan saat itu banyak anak Jawa disana. Mama pernah cerita Diez pulang2 langsung nangis karena betekak (bahasa awak Medan kali jadinya. Betekak itu adu argumen gitu) sama temen2. Pasalnya, bu Guru ngasih kertas bergambar ayam. Trus kita ditanyain, “anak-anak, ini gambar apa?”
“Ayam bu…..” jawab Diez.
Ehhh…. Temen2 pada jawab, “Pitiiiikkkk…..”
“itu gambar ayam.” Jelas Diez.
“Bukan, itu gambar pitik” kata mereka kompak.
“ayam” kata Diez ngotot.
“Pitik” kata mereka, ga mau kalah.
Akhirnya Diez pulang nangis2 gara2 mereka pada “maksa” kalo itu pitik. Padahal sama aja. Bahasa Jawanya ayam kan pitik. Maklumlah, namanya juga anak-anak. Hihihi……

Belum berakhir masa TK, papa pindah lagi ke Sumut. Kali ini ke Tebing Tinggi. Diez TK lagi di TK Bahari (kalo ga salah. Eh, kalo ga salah berarti bener dong). Diez ke TK naik bus bareng temen2. Suatu siang, saat mau pulang, ban busnya pecah dan kita terpaksa nunggu. Diez ga inget gimana caranya. Pokoknya yang Diez inget Diez sempat numpang kamar mandi dirumah warga sekitar bahkan dikasih jajanan yang berupa biscuit kecil bulat2. Kok bisa ya? Sudahlah, thanks untuk bapak ibu yang pernah Diez tumpangi kamar mandi rumahnya dan juga untuk biskuitnya. Hehehe…..
Baru beberapa bulan, Diez harus pindah lagi. Masih di daerah dekat Tebing Tinggi juga sih. Namanya Pabatu. Tapi karena daerahnya dataran tinggi n agak masuk ke pelosok2 (kalo ga mau ditulis hutan) Diez harus pindah TK lagi. Pasalnya sekarang ada temen kuliah Diez yang dulu juga di TK itu. Tapi Diez lupa kalo waktu TK ada temen Diez yang namanya Nurul itu. Hehehe….. afwan ya bu…. Kebanyakan TK nih. Jadi lupa sapa aja temen2nya.

Ga berapa lama (yak, benar) Diez pindah lagi. Kali ini kesatu daerah yang namanya TIU aka Tanah Itam Ulu (seharusnya Tanah Hitam Hulu. Cuma lebih enak disingkat jadi TIU. Soalnya ntar dikira warga Medan THH itu Tah Hapa2. Aku pun tah hapa2 nulis acem gini. Hehehe….). TIU itu tempatnya membingungkan. Untuk masuk kesana kita harus ngelewatin pertigaan yang menuju Kisaran, Perdagangan dan Tebing Tinggi. Makanya Diez kadang males ngejelasin pernah tinggal disini. Bingung awak. Ntar awak bilang TIU yang dekat Kisaran, mereka bilang yang dekat Perdagangan. Awak bilang dekat Perdagangan, kata mereka dekat Kisaran. Sukak ati klen ajalah mau yang mana (kok tambah jelas Batak Medan awak ni).

Nah.. berhubung di TIU Diez tinggal agak lama (sekitar 5 tahunan), Diez mengakhiri masa TK Diez yang udah 4x pindah itu disana. Selanjutnya Diez sekolah di SD Inpres sekian yang sekarang udah rata sama tanah. Eh… bukan, udah berubah jadi kebun sawit. Kayaknya semua warga Indonesia udah taulah ya kayak apa SD Inpres itu. Bayangin SD Inpres yang ada sekarang (masih ada ga ya SD inpres di Indonesia saat ini). Tapi tahunnya tahun 90-an, trus lokasinya jauh dari jalanan kota, bahkan jalannya masih berbatu, plus ga ada angkot, kereta api, pesawat bahkan kapal laut (ya iyalah) yang ngelewatin itu sekolah SD. Berhubung ruangannya Cuma ada 5 kelas, anak kelas 2 biasanya masuk siang setelah anak kelas 1 pulang. Dan untuk fasilitas kamar mandinya, ada sih tapi ga ada air n belumut semua mulai dari dinding sampai baknya. Yang mau kekamar mandi silahkan bawa gayung berisi air dari ember yang telah disediakan dan carilah pohon sekitar yang “kekurangan” unsur hara dan zat asam. Trus pohonnya tolong dicari yang agak jauh dikit ya dari bangunan sekolah kita, biar ga beraroma. Hehehe….

Karena itulah Diez jarang banget selama di sekolah harus permisi ke kamar mandi. Kecuali “terdesak”. Hehehe….. walau gitu, Diez suka sekolah SD ni. Banyak kenangan disana. Dan Diez sedih juga sih pas harus pindah ke Siantar saat Diez kelas 5 SD. Hiksss……

Goodbye TIU…..

Siantar, I’m coming…….

11 komentar:

  1. waahh,,...,,,ternyata adies selama ini nomaden yah..

    BalasHapus
  2. mana duluan pitik atau telur,,,
    hihihi,,,,

    BalasHapus
  3. @nurul: dan masih akan terus nomaden ul. Tunggu cerita berikutnya.
    @iin: ayam!

    BalasHapus
  4. wah seru ya beberapa kali pindah TK rupanya.terusin ya ceritanya diez XD

    BalasHapus
  5. hmmmmm.......

    *ga tau mau ngereply apa*

    BalasHapus
  6. haaaaaaaaaaaaahhh....

    *saking palaknya ga tau mau nulis apa*

    BalasHapus
  7. *kaget lebay dgn mulut trbuka lebar kek matsuken di DMC*
    :p

    BalasHapus