Kamis, 14 Oktober 2010

Jangan Panggil Mereka Hantu (Don't Call Them Ghost)

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Horror
Author:Kathleen McConnell
pada 1971, keluarga Kathleen McConnell dan keluarganya pindah ke sebuah rumah bersejarah yang dikenal dengan sebutan Fontain Manse. dua hari setelah pindah, ia dan suaminya, George McConnel, mendapat pengalaman luar biasa yang membuat mereka berdua tidak ragu barang sedikit pun bahwa ada juga "penghuni-penghuni lain" tak kasat mata yang ikut mendiami rumah mereka.

buku ini bertutur tentang sebuah kisah nyata bagaimana Kathleen McConnell mengenal, mengasuh, dan kemudian "merawat" arwah tiga anak-anak yang mendiami kamar loteng di Fontain Manse - Bidadari Kecil, Buddy, dan Si Bayi. mulai dari bermain bola bersama Kathleen hingga menyelamatkan anak lelaki Kathleen, Duncan, dari tenggelam di bak kamar mandi. arwah anak-anak itu pun menjadi bagian dari kehidupan keluarga McConnell dalam skala besar maupun kecil. akhirnya, sebuah keputusan mengharukan pun memicu terjadinya peristiwa dramatis dan tak terduga: arwah anak-anak itu pun menghilang dan pergi tanpa pernah kembali lagi.

my comment:
dari awal baca resensi buku ini udah tertarik pengen baca. pasti mengharu biru nih, cerita ini. ga taunya bener. ini adalah salah satu cerita horor yang bisa buat diez sedih (ga sampe nangis sih, cuma sampe mata berkaca-kaca). apalagi ini berdasarkan kisah nyata. Kathleen udah lama jatuh cinta sama Fontain Manse saat kekantor melalui jalur lain. ia melihat rumah bergaya victoria itu dan langsung menyukainya. Kathleen saat itu bahkan belum menikah. siapa sangka setelah menikah dan hendak pindah rumah, Fontain Manse yang ditaksir harganya 28ribu dollar (saat itu) ternyata harga awal penawarannya hanya 8ribu dollar. ternyata rumahnya berhantu.
ups, Kathleen ga suka 'anak2 itu' disebut hantu. Kathleen melihat mereka sebagai arwah dari keturunan keluarga Fontain yang membangun Fontain Manse.
di awal cerita lucu juga membayangkan Kathleen 'berkenalan' dengan 3 arwah itu. dan kemudian Kathleen menganggap 'mereka' sebagai anak. bagaimana Kathleen berbicara dari hati ke hati, memberi perhatian bahkan sampai memberikan hadiah saat natal.
Kathleen sampai terbiasa melihat benda2 dirumahnya pindah tiba2 atau menggelinding tiba2. tapi Kathleen dan 'mereka' punya perjanjian. yaitu tidak boleh ada yang tau kalo 'mereka' ada disitu kecuali Kath dan suaminya, George. jadi, selama tinggal disana, tidak ada satupun anak McConnell yang tau tentang mereka, kecuali Duncan. Duncan masih bayi saat mereka pindah dan tumbuh bersama 'sahabat' yang tinggal di loteng rumah. ternyata dulu saat Kath belum merit, anak kecil yang dilihatnya di jendela rumah FM adalah arwah anak tertua. karena merasa ditakdirkan berada di FM, Kath memutuskan merawat dan menjaga 3 anaknya yang 'lain' itu.
cukup mengharukan saat 3 anak itu memberi mereka 'izin' untuk tinggal dirumah mereka, juga saat mereka harus 'diam' saat FM kedatangan orang tua Kath. 'mereka' ikut sedih dan menghibur Kath saat ayah Kath meninggal. bahkan saat ibu Kath yang sudah tua tinggal di FM karena mengalami patah tulang, Bidadari Kecil mencium nenek sebagai tanda sayang. nenek yang ga tau apa2 ngira Kath yang malam2 masuk kamarnya dan menciumnya. Kath tau Bidadari Kecil pelaku penciuman itu. soalnya dia ga da masuk kamar ibunya. gimana reaksi nenek kalo sampe tau yang nyium dia itu bukan anaknya. hehehe....

yaahhh....
cerita buku ini emang rada 'lain'. dalam buku ini juga diselipkan foto keluarga McConnel, Fontain Manse dan mainan meriam milik Buddy yang diberikan pada Kath sebagai hadiah natal. tapi rasa kekeluargaannya juga terasa banget. terlepas dari persepsi mengenai apa dan bagaimana sebenarnya hantu, roh, or whatever itulah, (secara Islam punya pandangan yang berbeda mengenai hal kayak gini) buku ini cukup menghibur dan mengharu biru.

11 komentar:

  1. dies dh pernah nnton 'others' ?
    agak2 mirip ma crita ni,tp yg ni agak aneh
    bkin qt brtanya tnya 'apa siyh mksd flm nya?'

    BalasHapus
  2. wajib nonton dies...
    film ny unik..

    BalasHapus
  3. gk ada
    hehehe
    pu3 nntn d global wktu tu,truz d puter jg d transtv..

    BalasHapus
  4. pheew...
    kinda weird stories
    tapi kok keren ya
    berhubungan sama makhluk halus gitu
    eh tapi beneran ga horor kan
    agak aja
    hehehe

    BalasHapus
  5. pas awal2nya deg2an juga q.
    soalnya si Kath main nekad aja sendiri dirumah trus nyari dimana base 'mereka'.

    kalo 'mereka' marah, si kath berasa kedinginan tiba2. tapi kalo dah ga marah jadi hangat lagi...

    BalasHapus
  6. soalnya malam sebelumnya Kath diganggu dengan cara pintu yang terbanting sendirinya q.
    jadi Kath mau buat perundingan. jangan sampe besok2 dia atau keluarganya yang di banting2.

    BalasHapus
  7. mending nnton psychopath nightmare,,gk jelas tuh flm nyata ato gk..Tp tetep bkin yg nnton brtanya tnya
    aneh ah!
    wajib nonton!

    BalasHapus