Rabu, 06 Oktober 2010

Sinopsis Harmony (part 2)

Pertunjukan padus mereka dimulai. Pada acara perdana ini kepala penjara pusat juga datang. Kepala penjara mereka jadi gugup. KS Bang udah gelisah. Napi lain masih cuek. Moon Ok maju sebagai konduktor dan member tanda mulai pada Na Young yang main piano. Mereka membawa lagu ceria dan berhasil membuat semua napi bergembira dan bertepuk tangan. Kepala penjara pusat juga senang. Kepala penjara mereka senang, semua senang, kecuali KS Bang.

Jeong Hye dipanggil ke kantor, kepala penjara bilang dia dan Min woo boleh keluar, tapi dengan syarat min woo ga boleh balik ke penjara. Bagaimana pun, dia tidak bisa tumbuh di penjara, tidak baik untuknya, kata kepala penjara. Titipkan dia pa
da saudara atau ke tempat penampungan anak, kata kepala penjara dengan sedih dan meninggalkan Jeong Hye yang terdiam. Na Young mendengar itu dan sedih. Semua ga rela min woo pergi. Kau kan ga punya saudara, masa harus menitipkan Min Woo pada orang asing, kata Moon Ok ga setuju. Tapi kepala penjara benar. Aku ga bisa membesarkan Min Woo ditempat seperti ini, kata Jeong Hye.

Jeong Hye keluar dari penjara ditemani Na Young dan melihat Min Woo yang senang bisa main2 diluar. Ditempat penampungan anak, Jeong Hye menitipkan album foto ia dan Min Woo. Tolong katakan pada ibu asuhnya mengenai aku dan Min Woo yang sebenarnya, katanya. Petugas itu mengangguk. Jeong Hye menatap Min Woo dari jendela untuk yang terakhir kalinya (hikss) Na Young bertan
ya, onnie, gapapa? Jeong Hye ngangguk lemah. Saat berjalan keluar mereka berpapasan dengan seseorang. Namun keduanya masih begitu sedih. Tiba2 Jeong Hye berbalik dan kemudian Min Woo menangis sambil ditenangkan seorang wanita, calon ibu Min Woo. Na Young terdiam. Jeong Hye melihat keduanya dari jauh.

Saat latihan, semua tidak semangat. Semua merasa kehilangan Min Woo. Na Young juga main piano dengan lesu. Moon Ok pura2 marah dan bilang, hey...apa2an kalian. Kenapa bernyanyi seperti itu memangnya ada yang mau mati, katanya semua tertawa tertahan. Moon Ok menyuruh Na Young untuk memberitahu mereka cara bernyanyi yang benar. Na Young kaget. Aku? Tanyanya. Semua tiba2 bersemangat, ayo Na Young, nyanyi, nyanyi, nyanyi. Pinta mereka. Na young berdiri dan mengambil napas, lalu bernyanyi dengan serius. Tiba2 ia berputar2 dan menari. Semua jadi girang. Jeong hye yang masih bersedih berusaha tersenyum walau ia tidak ikut menari.

4 tahun berlalu.......

Teman sebaya Moon Ok keluar dari penjara. Yumi masih tidak mau menemui ibunya. Sementara Jeong Hye dan Hwa Ja (yang ternyata punya 2 anak) kangen sama anak mereka. Begitu juga Moon Ok.

Saat latihan, Na Young datang terburu2 dan member tahu, kepala penjara pusat bangga dengan padus napi dan memin
ta padus napi untuk ikut dalam acara padus nasional saat tahun baru. Semua kaget mendengarnya. Tak hanya itu, kata Na Young, kalian boleh mengundang dan bertemu keluarga kalian pada malam itu. Semua napi bersorak.

Dikamar, Hwa Ja memegang boneka dari anak2nya dan berkata bagaimana kalo nanti mereka ga kenal lagi sama aku.
Atau malah ga mau datang. Tapi Yeon Sil menghibur dan bilang ga mungkin anak lupa sama ibunya. Moon Ok mendengar dan terdiam. Dia sedih ingat putrinya yang ga mau nemuin dia. Malamnya Jeong Hye terbangun dan memandangi baju Min Woo saat ultahnya dulu. Jeong Hye menangis. Yeon Sil minta Na Young untuk mengeposkan undangan untuk pacar Yeon Sil.

Ibu Yumi datang, tapi tetap tidak bertemu Yumi. Ditengah jalan, Na Young berlari dan menemui Ibu Yumi. Na Young menjelaskan kalo Yumi baik2 saja dan ikut dalam padus napi. Mereka akan tampil tahun baru nanti. Ini undangannya kata Na Young. Ibu Yumi berterima kasih padanya.

Na Young mengeposkan surat Yeon Sil. Kemudian mendatangi rumah anak Moon Ok. Namun anaknya tidak memperbolehkan Na Yeong masuk. Na Young berkata dari luar, datanglah menemui ibumu. Mungkin ini kesempatan terakhir untuk kalian berbaikan, kata Na yong dan menyelipkan undangan di pintu rumah.

Saatnya berangkat. Semua napi terpana sa
at berada diluar tahanan. Wah...sudah banyak gedung tinggi kata mereka. Na Young memberikan hadiah pada Moon Ok. Ternyata tongkat conduct yang baru. Semoga berhasil, kata Na Young. Moon Ok mengucapkan terima kasih. KS Bang melihat dengan muka juteknya. Setelah sampai semua berbaris dan memasuki gedung. KS Bang berkata bahwa mereka sulit mendapat kesempatan seperti ini. Jadi jangan sampai membuat masalah. Sementara diaula gedung teman sebaya Moon Ok datang dan bersemangat melihat penampilan teman sepenjaranya dulu. Ada juga pacar Yeon Sil, Ibu Yumi, dan anak laki2 Moon Ok.

Di dalam gedung Jeong Hye mendengar teriakan anak2 yang memanggil nama Min Woo. Refleks, Jeong Hye mengejar anak itu. Saat melihat tangan kiri anak itu Jeong Hye tidak menemukan tahi lalat seperti ditangan Min Woo. Jeong Hye kembali ke ruang make-up mereka dan mendapat pelototan dari KS Bang. Kemana saja kau? Katanya. Dari kamar mandi kata Jeong Hye.

Semua napi nervous dan hendak kekamar mandi. Mereka dikawal Na Young dan penjaga lain. Seorang ibu kaya kaget melihat mereka dan bergegas keluar kamar mandi dan melupakan cincin
yan dilepasnya. Saat akan tampilserombongan pengawal mencegat mereka dan berkata bahwa ada yang kehilangan cincin saat mereka dikamar mandi. Para napi berkata tidak ada yang mengambil cincin. Na Young juga membela mereka tapi ditahan. Para napi disuruh keluar dan digeledah. Saat cincin tidak ditemukan para pengawal tidak mau melepas para tahanan. Na Young bertengkar dengan kepala pengawal itu. Kepala penjara mereka kaget saat diumumkan padus napi harmony tidak bisa tampil. Ibu yumi, suami hwa ja, pacar yeon sil, semua kecewa.

KS Bang datang melapor mengenai apa yang terjadi. Kepala penjara marah dan mendatangi mereka. Kepala penjara adu mulut dengan kepala pengawal. Na young terdiam shock disamping KS Bang. Masalah diselesaikan. Namun para napi hilang semangatnya. KS Bang masuk d
an melihat mereka kemudian teriak, apa2an kalian, 10 menit lagi kalian tampil. Ayo bersiap. Semua napi kaget. Bukankah mereka tidak jadi tampil. KS Bang tersenyum dan marah lagi, ayo cepat ganti baju. Sudah ku bilang kalian jangan buat gara2. Cepat, katanya. Na Young tersenyum pada KS Bang dan membantu semua sipir bersiap-siap.

Di podium MC mengumumkan sebentar l
agi kita akan melihat padus napi harmony. Semua napi masuk ke atas panggung. Masing2 napi njelalatan nyari keluarga mereka. Moon Ok melihat anak laki2nya memberinya semangat. Mereka mulai bernyanyi dan membuat seisi gedung berdecak kagum. Selesai bernyanyi, lampu yang tadi padam hidup lagi. Tiba2 serombongan padus anak2 datang dari tangga dan bernyanyi. Masing2 anak menggandeng seorang napi. Jeong Hye menggenggam tangan seorang anak dan melihat tahi lalat ditangan kirinya. Jeong Hye hampir menangis. Dengan matanya ia menatap Moon Ok. Moon Ok tersenyum melihat mereka. Bersama-sama mereka bernyanyi dan menutup acara. Teman sebaya dan anak laki2 Moon Ok, ibu yumi, suami dan anak2 Hwa Ja serta lainnya memberikan standing applause. KS Bang tersenyum senang dibalik panggung.

Diluar aula, Hwa Ja bertemu dengan suami dan anak2nya. Yeon sil bertemu pacarnya. Na Young memberikan bunga pada Yumi. Dari ibumu, katanya. Yumi mengambil bunga itu dan berlari mengejar ibunya. Na Young melihat Moon Ok memeluk anak laki2nya yang berkata, maafkan aku ibu, aku tidak bisa membawa kakak. Moon ok berkata t
idak apa2. Aku senang kau datang. Terima kasih dan maafkan ibu. Keduanya berpelukan sambil menangis tanpa menyadari anak perempuan Moon Ok melihat mereka dibalik tembok dan ikut menangis.

Yumi berhasil mengejar ibunya. Tunggu, katanya. Cuma ini. Kau belum mengucapkan selamat tahun baru. Selamat tahun baru ibu, kata Yumi yang kemudian memeluk ibunya. Maafkan aku,
kata Yumi kemudian menangis. Ibu Yumi memeluknya dan berkata tidak apa2. Maafkan ibu juga.

Sementara Jeong Hye berkenalan dengan anak tadi yang datang bersama ibunya. Jadi namamu Joon ya? Tanya Jeong Hye. Ibunya menjawab, maaf aku mengganti namanya. Tidak apa2 kata Jeong Hye. Joon, suaramu bagus sekali. Oh ya, Joon tolong peluk aku ya.
Joon memandang ibunya dan berkata, bu, aku boleh memeluk bibi ini. Jeong hye terperangah dan sedih. Boleh, kata ibu Joon. Jeong Hye memeluk Joon dengan erat. Sebelum pulang ibu Joon memberikan bingkisan kepada Jeong Hye. Joon pamit dan berkata, selamat tahun baru bi. Sampai jumpa. Jeong Hye melambaikan tangannya pada Joon. Dari jauh Joon menatap Jeong Hye.

Esok paginya, Na Young terlambat datang rapat dan mengendap-endap. Tapi ketauan sama kepala penjara. Kepala penjara pusat yang datang menutup rapat dan mengatakan agar mereka segera melaksanakannya. Na young yang terlambat bingung. KS Bang menatap Na Young dan mengajaknya pergi.


KS Bang dan Na Young mengajak Moon Ok untuk kerumah anaknya. Dirumahnya, anak perempuan Moon Ok minta maaf atas segala sikapnya selama ini dan menangis. Moon Ok dan kedua anaknya makan bersama. Sementara KS Bang dan Na Young berjaga diluar rumah. Malamnya Moon Ok diperbolehkan menginap satu malam.
Moon Ok reuni dengan anak2nya.

Esoknya dipenjara kepala penjara menggelar rapat kembali. Segera laksanakan, perintahnya pada KS Bang lalu pergi. KS Bang mengangguk lemah. Na Young memegang lengan KS Bang. Jangan...katanya. ku mohon jangan, kata Na Young sambil terisak-isak. KS Bang memeluk Na Young dan bersedih.


Didepan sel Jeong Hye, KS Bang menyuruh Na Young masuk. Na Young masuk dan disapa oleh yang lain. Ada apa, Tanya mereka. Na Young berkata ia akan mengajak Moon Ok pergi. Mereka menganggu Na Young dan Moon Ok. Kenapa hanya mengajak Moon Ok saja, kau pilih kasih sekarang ya, kata Hwa Ja. Moon Ok yan
g sedang menulis not lagu tersenyum. Memangnya mau kemana? Kan kemarin udah pergi, kata Yeon Sil. Ke penjara pusat, jawab Na Young pelan. Hwa Ja terkekeh. Kemarin membawanya kerumah, sekarang ke penjara pusat. Seperti mau melakukan eksekusi saja. (membawa napi pulang sebelum dieksekusi).

Tiba2 semua terdiam. Mereka ingat kalo Moon Ok memang dihukum eksekusi. Moon Ok kaget. Dia menatap Na Young yang hampir menangis. Kemudian Moon Ok menyusun barang2 di mejanya. Aku pergi dulu katanya. Semua terdiam. Tiba2 Jeong Hye memeluk Moon Ok. Jangan pergi, kata Jeong Hye. Jangan pergi...ibu, katanya. Semua menangis. Yumi ikutan memeluk Moon Ok. Disusul oleh Hwa Ja dan Yeon Sil. Tidak apa2, kata Moon Ok. Kalian baik2lah, katanya lagi. Moon Ok keluar dari sel. Dia mengangkat tangannya untuk diborgol. Tapi KS Bang tersenyum sedih dan menggandengnya keluar. Moon Ok menggandeng tangan KS Bang dan Na Young dengan erat. Na Young udah hampir nangis lagi. Moon Ok melihat kedalam sel melalui jendela. Dia melihat semua menangis. Jeong Hye terdiam lalu bernyanyi (lagi2 lagu tentang ibu dan bunga yang biasa moon ok nyanyikan unuk min woo). Yumi dan lainnya ikut bernyanyi.
Seperti di komando semua napi dari dalam sel menyanyi untuk Moon Ok. Moon Ok melihat semua sel lalu tersenyum pada KS Bang dan Na Young. Di ujung lorong, dengan iringan nyanyian para napi, Moon Ok memandang sel penjara, untuk terakhir kalinya...

4 komentar:

  1. huaaaaaaaaaaaaa..............
    sedih amat siy, diez
    paling bisa bikin mewek ah
    huhuhuhuhu...
    *pergi nyari kain lap*

    BalasHapus
  2. nih in....

    *ngasi kain pel buat ngepel air mata q yang menggenang dilantai*

    BalasHapus
  3. hiks hiks.........

    *ngepel sambil nyanyi ratapan anak tiri*
    lho?

    BalasHapus