Rabu, 09 Juni 2010

Headshot - Kupu-kupu

Sahabat-sahabat di MP dan di FB pasti tau kalo akun diez headshotnya menggunakan gampar kupu-kupu biru. Diez suka aja sama kupu-kupu. Dan sebagian orang pasti juga kayak gitu. Karena itu, diez mau ngebahas tentang si kupu-kupu biru ini.
Sebenernya kupu-kupu itu ada beragam jenisnya. Mulai dari yang hidup disiang hari (diurnal) sampe yang hidup dimalam hari (nocturnal). Mulai dari yang besar sampe yang kecil, yang hidup di iklim tropis sampe subtropis, pokoknya banyak deh.

Kalo kupu-kupu biru yang sering diez pake adalah morpho rhetenor  yang masih anggota family nymphalidae. Rhetenor ini kupu-kupu yang bersayap biru dengan bagian atas kedua sayap yang berwarna hitam. Kayak dibawah ini…
Yang mirip sama rhetenor adalah kupu-kupu morpho Menelaus yang juga bersayap biru, tapi sekeliling sayap yang berwarna biru itu ada warna hitamnya.
Nymphalidae yang bergenus morpho ini memiliki lebih dari 80 spesies, yang kebanyakan ada di daerah neotropis kayak amerika utara (mexico). Kebanyakan morpho berwarna metalik dengan warna biru dan hijau.

Kalo umur si morpho ini Cuma sekitar 137 hari aja (6 bulan lebih) termasuk saat masih menjadi teur, ulat, larva hingga jadi kupu-kupu. Kayaknya hidupnya lumayan lama. Padahal kalo kupu-kupu dewasa Cuma hidup sekitar 2 sampe 3 minggu aja loh.

Selain itu, berbagai negara memiliki kisah n mitos yang beda2 mengenai kupu2. tapi ceritanya lain kali aja yaa....

4 komentar:

  1. contohnya cina
    ga mau bikin kupu-kupu jadi hisana di kartu undangan
    coz hidunya singkat banget
    takutnya hidup pernikahannya jadi sesingkat umur kupu-kupu..

    (kayak yang diez pernah bilang)

    BalasHapus
  2. iya q.
    tapi walau gitu kalo ada gambar 2 kupu2 di cina tetap dianggap sebagai simbol cinta.

    kupu2 juga dianggap sebagai simbol pertanda baik, dan sebagian jenis dianggap pertanda buruk. dan penduduk di daerah barat daya inggris selalu membunuh kupu2 yang pertama kali mereka liat di tahun baru agar terhindar dari peristiwa buruk. kasian yaa....

    padahal apapun jenis kupu2nya, minumnya...(eh...ga nyambung...)
    apapun jenis kupu2nya, mereka kan cuma makhluk hidup yang lemah....
    *mellow on mode*

    BalasHapus
  3. sedih yaa jadi kupu-kupu di inggris pas tahun baru....

    BalasHapus