Kamis, 17 Juni 2010

Okiku - Japanese Mysterius Doll

hayyooo.....hayyyooo.....
yang punya hobi ngoleksi boneka atau suka sama segala macam boneka, pernah dengar tentang boneka okiku ga? dari namanya aja udah ketauan kalo boneka ini
berasal dari jepang. ada yang tau? atau malah ada yang ngoleksi. boneka okiku ini susah loh buat dirawat. kenapa? karena rambut boneka okiku ini selalu tumbuh, tumbuh, tumbuh, dan tumbuh terus. loh? gimana ceritanya?

jadi gini loh ceritanya....
suatu hari dikota Sapporo tahun 1918, ada seorang anak perempuan bernama Eikichi Suzuki yang membeli sebuah boneka lucu untuk adiknya yang bernama Okiku yang masih berumur dua tahun. boneka itu berukuran 40 cm, berpakaian kimono, bermata hitam dengan rambut hitam yang lebat. Okiku sangat menyukai boneka pemberian kakaknya. tapi malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih, okiku malah meninggal 2 minggu kemudian karena demam. keluarganya kemudian ingin mengubur boneka kesayangannya ini bersama mayat Okiku, namun mereka lupa. hingga akhirnya boneka Okiku dipajang didepan altar Okiku dirumah mereka untuk memperingati putri kecil mereka, Okiku.
namun anehnya, rambut boneka Okiku semakin hari semakin panjang. setelah dipotong, panjang lagi, dipotong, panjang lagi. hingga akhirnya keluarga Suzuki pindah ke S
hakalin pada tahun 1938. boneka Okiku akhirnya dititipkan di Kuil Mannenji Hokkaido. menurut pendeta di kuil itu, sampe sekarang rambut boneka Okiku terus memanjang walau sudah dipotong secara berkala.

belum diketahui penyebab memanjangnya rambut boneka Okiku ini. namun menurut para
peneliti, rambut boneka Okiku memiliki siklus seperti rambut anak 10 tahun yang akan terus tumbuh memanjang.

kisah boneka Okiku ini kemudian menginspirasi beberapa film horor jepang seperti Haunted School. selain itu kisah Okiku juga merupakan kisah horor pada zaman dulu (berarti nama Okiku udah bawa nilai horor nih. hehe
he....).
dalam Kab
uki (teater khas Jepang dimana pemainnya berdandan dengan mencolok) Okiku diceritakan dengan berbagai versi. diantaranya:
1. Okiku: Taiso Yoshitoshi, 1839-1892. pada K
abuki Okiku ini diperankan oleh Bancho Sarayashiki bercerita tentang Okiku, seorang pelayan Tessan Aoyama. Tessan Aoyama menjebak Okiku dengan menuduhnya menyembunyikan satu dari sepuluh piring berharga milik pejabat Belanda kecuali jika Okiku mau menjadi istrinya. Okiku yang depresi kemudian bunuh diri dalam sumur dan tenggelam. (horor khas jepang banget, cewek + sumur = hantu jepang. hehe....). arwah Okiku kemudian datang tiap malam dan menghitung dari 1-9 untuk kemudian menjerit dan menangis secara mengerikan. sementara Aoyama kemudian menjadi gila.

2. Okiku: Utagawa Yoshitaki, 1841-1899. Kabuki ini menceritakan kalo Okiku ternyata memecahkan sebuah piring dan kemudian dihukum mati oleh tuannya dan kemudian mayatnya dibuang kedalam sumur.

versi lainnya bilang kalo istrinya si Aoyama yang mecahin piring itu terus nyalahin si Okiku trus si Okikunya dibunuh n mayatnya dimasukin ke dalam sumur. kalo endingnya ada versi lain juga yang bilang kalo salah seorang dari kerabat Aoyama sembunyi semalaman didalam sumur, trus pas hantu Okiku datang dan ngitung dari satu sampe sembilan, dia keluar dan teriak "sepuluh!". dan sejak saat itu, hantu Okiku ga pernah datang lagi.

3 komentar:

  1. kenapa sepuluh ya??
    okiku takut sama angka sepuluh?
    hehehe...

    BalasHapus
  2. bukan takut q.
    tapi piring berharganya ada 10. kan ilang satu. dia ngitung terus, tapi ga sampe sepuluh. setelah tau ada 10 dia ga datang lagi buat ngitung.
    hehehe.....

    BalasHapus